header-int

Prodi Sejarah Univ PGRI Satu-satunya di Kalteng

Rabu, 20 Jun 2018, 20:51:06 WIB - 901 View
Share
Prodi Sejarah Univ PGRI Satu-satunya di Kalteng

Program studi (Prodi) Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palangka Raya, merupakan satu-satunya yang ada di Kalimantan Tengah. Keberadaan Prodi Sejarah saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan guru pendidikan sejarah di Kalteng. Padahal, kebutuhan guru pendidikan sejarah sangat diperlukan di sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK). Lulusan FKIP Prodi Sejarah seratus persen terserap di semua sekolah dan tidak ada yang menganggur. Apalagi saat ini di beberapa sekolah di Kalteng mengalami kekurangan guru pendidikan sejarah.  Namun, sangat disayangkan minat masyarakat untuk mengenyam pendidikan sejarah sangat minim.

Kekurangan guru di bidang Pendidikan Sejarah diakui salah satu guru SMKN 1 Pujono, S.Sos, MSi bahwa kekurangan guru dialami hampir di semua sekolah menengah atas. “Sekolah kami tidak memiliki guru sejarah dan masalah ini bukan hanya kami yang mengalami,” ungkap Pujono.

Senada Kepala SMAN 1 Murung Raya Risma MPd mengakui bahwa sekolahnya tidak memiliki guru Sejarah dan Geografi. “Jadi pelajaran Sejarah dan Geografi diisi oleh guru yang bukan bidangnya. Selama ini pihaknya sudah mengusulkan ke Dinas Pendidikan Kalteng terkait kekurangan guru, namun belum ada respon,” keluhnya.

“Dalam kurikulum 2013, mata pelajaran sejarah merupakan mata pelajaran wajib. Mestinya memang Negara yang menyelenggarakan pendidikan.  Tanpa pendidikan yang baik maka perkembangan suatu Negara tidak akan berjalan baik,” urai Prod Dr Singgih Sulistyono kepada Kalteng Pos, usai melakukan klarifikasi dalam rangka akreditasi prodi Sejarah FKIP Universitas PGRI Palangka Raya, Sabtu (11/3).

sumber: RADAR SAMPIT

Unidha Universitas PGRI Palangka Raya secara resmi berdiri pada tanggal 1 Maret 1990. Dasar hukum SK Mendikbud RI Nomor 0152/0/1990 tertanggal 19 Maret 1990 tentang pemberian status terdaftar kepada fakultas/jurusan/program studi di Lingkungan Universitas PGRI Batang Garing. Selanjutnya dikukuhkan/ditegaskan kembali berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 97/DIKTI/Kep/1996 tanggal 12 April 1996 tentang keberadaan Jurusan dan Program Studi di Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya.
© 2024 Universitas PGRI Palangka Raya Follow Universitas PGRI Palangka Raya : Facebook Twitter Linked Youtube