header-int

SEMINAR NASIONAL UNIVERSITAS PGRI PALANGKA RAYA Ke-1 TAHUN 2021

Jumat, 19 Feb 2021, 09:38:16 WIB - 14 View
Share
SEMINAR NASIONAL UNIVERSITAS PGRI PALANGKA RAYA Ke-1 TAHUN 2021




(Palangka Raya, 18 Februari 2021). Universitas PGRI Palangka Raya menyelenggarakan Seminal Nasional Universitas PGRI Palanga Raya Ke-1 dengan tema "”Dinamika pengelolaan pendidikan,  tata hukum,  sosial budaya dan sumber daya alam dalam adaptasi new normal menuju Revolusi Industri 4.0 Berbasis Eksistensi Kearifan Lokal”, pada 17-18 Februari 2021 secara daring.

Seminar Nasional ini terbagi dalam 2 kegiatan. Pada kegiatan seminar umum, menghadirkan 5 narasumber, yaitu:
1. Dr. Suminah, M.Si (UNS Surakarta/Reviewer Simlitabmas) dengan topik "Kiat Menyusun Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat"
2. Nasih Widya Yuwono, SP., MP. (UGM Yogyakarta) dengan topik "Teknik Penyusunan Proposal PHP2D"
3. Ir. Julinda R. Manullang, MP. (UNMUL Samarinda) dengan topik "Wirausaha Kampus Berbasis Inovasi Perguruan Tinggi (Hibah PPUPIK)"
4. Gita Anggraini, M.Pd.I. (STKIP Muhammadiyah Sampit/Reviewer PKM) dengan topik "Tips dan Trik Lolos Pendanaan PKM dan PIMNAS"
5. Ir. Arief Rahman Hakim, M.Si. (Universitas PGRI Palangka Raya) dengan topik "Menumbuhkan Jiwa Wirausaha di Kalangan Mahasiswa (Hibah PPK)".

Hadir pada kegiatan ini untuk menyampaikan Sambutan Rektor Universitas PGRI Palangka Raya, yang diwakili oleh Wakil Rektor I Universitas PGRI Palangka Raya, Ibu Rosmawiah, SH., MH. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua PGRI Provinsi Kalimantan Tengah, Bapak Dr. H. Suriansyah Murhaini, SH , MH, yang juga sekaligus membuka kegiatan.

Setelah sesi paparan oleh para keynote speakers, kegiatan dilanjutkan dengan sesi paparan oleh pemakalah yang dilakukan secara paralel. Pemakalah berasal dari berbagai profesi, seperti praktisi, guru, dosen dan mahasiswa. Kegiatan diikuti oleh perwakilan dari 11 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia,  antara lain Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Telkom, Universitas Negeri Medan, Universitas PGRI Madiun, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas PGRI Palangka Raya. Selain iut juga diikuti oleh pemakalah yang berasal dari Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan, Kementerian Perdagangan serta permakalah dari PT. Amanta Mitra Mandiri, dengan junlah total pemakalah yang mendaftar sebanyak 36 orang.

Kegiatan ini didukung oleh berbagai pihak antara lain:
1. Bank Indonesia (BI) Kalimantan Tengah
2. Bank BNI Cabang Palangka Raya
3. Pemerintah Kabupaten Daerah Kabupaten Murung Raya
4. Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau.
5. Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Tengah
6. FKIP Universitas PGRI Palangka Raya
7. LP2M Universitas PGRI Palangka Raya

Diakhir dengan rangkaian kegiatan lainnya dan kemudian ditutup oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Bapak Kukuh Wurdianto, S.Pd., M.Pd yang juga menyampaikan harapannya ke depan semoga Seminar Nasional Universitas PGRI Palangka Raya dapat terselenggara kembali dan juga kegiatan-kegiatan lainnya. (str)


 

Unidha Universitas PGRI Palangka Raya secara resmi berdiri pada tanggal 1 Maret 1990. Dasar hukum SK Mendikbud RI Nomor 0152/0/1990 tertanggal 19 Maret 1990 tentang pemberian status terdaftar kepada fakultas/jurusan/program studi di Lingkungan Universitas PGRI Batang Garing. Selanjutnya dikukuhkan/ditegaskan kembali berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 97/DIKTI/Kep/1996 tanggal 12 April 1996 tentang keberadaan Jurusan dan Program Studi di Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya.
© 2021 Universitas PGRI Palangka Raya Follow Universitas PGRI Palangka Raya : Facebook Twitter Linked Youtube